You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Irigasi Springkle Ramah Lingkungan dengan Panel Surya

Kontributor 27 Desember 2021 Dibaca 911 Kali
Irigasi Springkle Ramah Lingkungan dengan Panel Surya

Dinas Pertanian Kabupaten Kulon Progo memberikan bantuan DAK untuk sarana dan prasarana pada Kelompok Tani Ngudi Rahayu Bugel, akhir tahun 2021. Bantuan ini berupa sarana dan prasarana pembangunan irigasi sprinkle yang salah satu modelnya menggunakan tenaga surya (panel surya) untuk membangkitkan pompa penyuplai air. Hal ini sebagai wujud dukungan penggunaan teknologi terapan terbarukan yang menghemat tenaga dan waktu serta ramah lingkungan. Teknik pertanian ini juga memberikan gambaran bahwa bertani itu dapat menyenangkan, mudah, tidak berkotor-kotor serta menguntungkan.

Kelompok Tani Ngudi Rahayu yang diketuai oleh Suparwata diharapkan oleh Dinas Pertanian menjadi percontohan teknik pengairan semi modern bagi tanaman hortikultura di lahan surjan. Penerapan irigasi sprinkle menggunakan panel surya dilakukan oleh pemilik lahan yang dekat dengan lokasi panel surya sedangkan yang lainnya menggunakan penggerak pompa diesel untuk menyuplai air. (gandung)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image