You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Pokdarwis Mitra Pemerintah dalam Pembangunan Usaha Pariwisata

Redaksi 16 Juni 2022 Dibaca 882 Kali
Pokdarwis Mitra Pemerintah dalam Pembangunan Usaha Pariwisata

Dalam rangka melakukan kegiatan Pembangunan Pariwisata Tingkat Desa yang memiliki mata rantai pada pemberdayaan masyarakat, Kalurahan Bugel menyelenggarakan pembinaan dan pelatihan pengembangan destinasi wisata bagi pokdarwis, tokoh masyarakat dan pamong kalurahan. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada Kamis (16/6/22) dengan didanai menggunakan Dana Keistimewaan DIY 2022 dan menghadirkan narasumber dari Dinas Pariwisata KP dan Ketua Desa Wisata Sermo. 

Pengurus Pokdarwis Pantai Bidara yang hadir terlibat diskusi menarik dengan narasumber dari Dinpar KP, Sari Wulandari, SH, MM. berkaitan dengan pengembangan pariwisata di kawasan Pantai Bidara. Diskusi juga menggarisbawahi pentingnya pelatihan pengelolaan/manajemen pariwisata bagi para pelaku usaha wisata serta dukungan pihak-pihak terkait terhadap arah pengembangan pariwisata.

Sementara Ketua Desa Wisata Sermo, Mujari, membagi pengetahuan dan pengalamannya melalui paparan tentang peran dan kedudukan Pokdarwis dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata di destinasi wisata. Peran Pokdarwis selain mewujudkan masyarakat sadar wisata juga sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan pariwisata. Pokdarwis dapat membuat paket-paket wisata dengan memperhatikan potensi daerah sekitar, tidak hanya terfokus pada pengembangan wisata pantai. Pokdarwis, sebagai mitra pemerintah, juga diharapkan selalu berkoordinasi dengan pemerintah dan tidak berjalan sendiri-sendiri. Mujari juga menuturkan bahwa Pokdarwis yang lahir dari masyarakat memiliki potensi untuk bertahan dan berkesinambungan karena berawal dari masyarakat, dilakukan oleh masyarakat dan tentunya hasilnya untuk masyarakat juga.(sutyas/red)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image