You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Upaya Atasi Stunting, BKKBN RI Luncurkan Food Bank Percontohan Kalurahan Bugel

Redaksi 08 Mei 2023 Dibaca 589 Kali
Upaya Atasi Stunting, BKKBN RI Luncurkan Food Bank Percontohan Kalurahan Bugel

Persoalan pangan menjadi isu utama negara-negara, terlebih dengan terjadinya perang yang mempengaruhi pasokan pangan dunia. Di Indonesia, tingkat food loss dan food waste sangat tinggi, disampaikan oleh Deputi Latbang BKKBN Rizal Damanik, sedangkan di sisi lain angka stunting juga cukup tinggi. Persoalan ini menjadi latar belakang kegiatan food bank BKKBN yang kali ini memilih Kampung KB Bugel sebagai lokasi percontohan/uji coba food bank Indonesia. 

Sabtu (6/5/23), kader Bugel Isyanti dan Hartini menjelaskan konsep food bank Balungan (Bank Lumbung Pangan) Kalurahan Bugel berbasis Dashat (Dapur Sehat Atasi Stunting) dan berbasis masjid dalam kegiatan Peninjauan dan Soft Launching Food Bank Berbasis Dashat dan Berbasis Masjid yang dihadiri oleh Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo, Deputi Latbang BKKBN Rizal Damanik, Kapulin BKKBN Ukik Kusuma Kurniawan, Pj. Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana, Kadis PMD Dalduk & KB KP Ariadi, Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak KP Yohanes Irianta, Forkopimkap Panjatan dan Lurah Bugel.

Bertempat di sekretariat food bank Balungan di Padukuhan Bugel II dan dilanjutkan di Masjid Ubudiyah Padukuhan Beran Klepusari, peserta yang hadir memperoleh informasi detil tentang konsep dan alur food bank Balungan Kalurahan Bugel. Food bank ini menerima bantuan dari donatur baik berupa uang, infak/sedekah melalui masjid, bahan makanan mentah maupun matang. Donasi tersebut dikelola atau diolah di dapur Dashat, untuk kemudian didistribusikan kepada keluarga beresiko stunting. Dengan demikian, keberadaan food bank sangat membantu distribusi bahan makanan dari yang berkelebihan kepada yang kekurangan. 

Hasto menyampaikan bahwa salah satu kunci menangani stunting adalah tercukupinya asupan protein hewani, yang berusaha dicapai oleh food bank Balungan dengan program one day one egg. Selain itu, kecukupan gizi, pemberian ASI eksklusif, imunisasi dasar dan lingkungan yang sehat juga memberikan pengaruh terhadap kejadian stunting. Pada kesempatan yang sama, Hasto meninjau langsung dapur Dashat dan menyampaikan bantuan kepada perwakilan keluarga beresiko stunting. Ke depan, melalui upaya food bank, diharapkan Kulon Progo akan mencapai zero stunting, selaras dengan target yang disampaikan oleh Pj. Bupati KP di awal acara.(red)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image