You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Mengenal KB Pria Bersama Balai Penyuluhan KB Kapanewon Panjatan

Kontributor 22 September 2023 Dibaca 287 Kali
Mengenal KB Pria Bersama Balai Penyuluhan KB Kapanewon Panjatan

Balai Penyuluhan KB Kapanewon Panjatan memberikan sosialisasi KB pria di aula Kalurahan Bugel yang berlangsung di hari Kamis (21/09/2023). Sosialisasi yang diberikan fokus pada bahasan jenis-jenis KB untuk pria, cara penggunaan, keunggulan dan kekurangannya. Sosialisasi disampaikan oleh dua narasumber yaitu Dwiningsih Rahmatullah, S.Sos. yang menjelaskan KB pria dengan metode kondom dan vasektomi/MOP (Metode Operasi Pria), dan narasumber kedua yaitu Ramlan selaku pengguna KB metode vasektomi. Ramlan membagikan pengalaman sebagai pengguna KB Vasektomi sekaligus membuktikan bahwa rumor-rumor dampak buruk vasektomi yang beredar di masyarakat tidaklah benar.

Masyarakat awam banyak yang menganggap bahwa vasektomi sama halnya seperti kebiri. Padahal secara medis, kedua bahasan tersebut berbeda, vasektomi adalah metode memotong/memotong saluran sperma kanan kiri, sedangkan kebiri menghilangkan fungsi organ reproduksi (testis). Metode vasektomi tidak mempengaruhi fungsi testis dan hormon testosteron tetap terproduksi secara normal, sedangkan kebiri jelas berpengaruh pada organ reproduksi secara fisik maupun kimiawi dan mempengaruhi produksi sperma dan testosteron.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Pamong Kalurahan dan BPK. Tujuan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya perencanaan keluarga, metode kontrasepsi yang tersedia, serta hak dan tanggung jawab masing-masing pasangan dalam mengatur jumlah anak. (asih)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image