You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Dari Ember ke Meja Makan: Inovasi Budidaya Ikan

Administrator 12 Agustus 2024 Dibaca 125 Kali
Dari Ember ke Meja Makan: Inovasi Budidaya Ikan

Bugel - Dalam upaya meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya kaum ibu, Kalurahan Bugel mengadakan pelatihan budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) dan olahan berbasis ikan, Sabtu (10/8). Acara yang berlangsung di Balai Kalurahan Bugel ini diikuti oleh peserta dari kelompok ibu-ibu PKK.

Pelatihan ini dipandu oleh Dra. Tien Aminatun, M.Si, bersama dengan tim dari Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Para pemateri menyampaikan materi secara komprehensif mulai dari cara mempersiapkan ember untuk budidaya ikan, pemilihan bibit ikan yang tepat, hingga teknik perawatan dan pemanenan yang efektif. Selain memberikan materi, mereka juga mengajak peserta untuk praktik langsung mengenai teknik budidaya ikan dalam ember yang sederhana namun efektif untuk diterapkan di lingkungan rumah tangga.

Selain budidaya ikan, peserta juga dibekali dengan keterampilan mengolah hasil budidaya tersebut menjadi produk-produk bernilai tambah, seperti berbagai macam olahan ikan yang dapat dijadikan peluang usaha. Olahan ini juga bisa dijadikan inovasi Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi bayi dan ibu hamil sebagai upaya penanganan gizi dan pencegahan stunting. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi keluarga di Kalurahan Bugel.

Semangat dan antusiasme peserta terlihat selama kegiatan berlangsung. Mereka berharap ilmu yang didapatkan dari pelatihan ini dapat segera diaplikasikan di rumah masing-masing. Lurah Kalurahan Bugel juga menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap inisiatif ini, yang dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mandiri dan kreatif dalam memanfaatkan potensi yang ada di sekitar mereka, serta mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui budidaya ikan dan olahan berbasis ikan.(adm)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image