You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

Pantai Bidara, Kawasan Wisata Budaya dan Edukasi Maritim


Pantai Bidara, Kawasan Wisata Budaya dan Edukasi Maritim

Kalurahan Bugel merupakan dataran rendah yang terletak di pinggiran Samudera Indonesia yang meluas ke arah utara. Kalurahan Bugel bisa ditempuh 15 menit dari pusat Kota Wates. Kalurahan Bugel mempunyai kekayaan alam yang sangat luar biasa, salah satunya yaitu Pantai Bidara yang terletak di Jalan Pantai Bugel, Padukuhan I Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Pantai Bidara merupakan sebuah destinasi wisata baru yang dibuka untuk menggairahkan pariwisata pantai. Pantai ini terletak sekitar 200 meter arah barat Pantai Bugel. Berbeda dengan Pantai Bugel yang lebih dulu dikenal dengan keindahan alam dan aktivitas pelelangan ikannya, Pantai Bidara menitikberatkan pengembangan pariwisata maritim. Nama Pantai Bidara sendiri diambil dari banyaknya pohon bidara yang terdapat di sekitar pantai. Oleh masyarakat setempat pohon bidara dipercaya dapat menyembuhkan pelbagai penyakit.

Memasuki wilayah pantai, wisatawan akan disambut oleh Gapura Jingking yang berdiri di pintu masuk. Jingking adalah sejenis ketam yang hidup di daerah pasir pantai dan banyak ditemukan di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta.  Jingking ini merupakan hewan khas yang juga terdapat di Pantai Bidara. Hewan ini dapat diolah menjadi makanan ringan seperti rempeyek jingking dan merupakan jajanan khas di pesisir selatan Yogyakarta.

Sebagai pantai yang dikembangkan untuk kawasan wisata maritim, Pantai Bidara menyuguhkan wisata edukasi pembuatan garam dengan sistem tunnel serta mengenalkan pelestarian lingkungan hidup melalui rumah konservasi tukik. Pengembangan kawasan wisata maritim ini merupakan salah satu implementasi dari visi misi Gubernur DIY mengenai “Among Tani Dagang Layar”, yaitu gagasan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berupa pembangunan dari daratan beralih ke maritim.

Pengembangan kawasan wisata maritim di Pantai Bidara ini masih akan berlanjut dengan pembangunan fasilitas-fasilitas wisata. Pemerintah Kalurahan Bugel, OPD terkait dan masyarakat berkolaborasi untuk mewujudkan Pantai Bidara menjadi salah satu objek wisata unggulan, didukung dengan keindahan alam dan keunikannya. Kapan lagi berwisata pantai sambil mengenal pertanian garam dan konservasi tukik? (Rosa-KKN UPN 2021/red.)

 

Bagikan artikel ini: