You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

Awal Musim Hujan, Pohon Kelapa Rawan Tumbang


Awal Musim Hujan, Pohon Kelapa Rawan Tumbang

Setelah kemarau cukup panjang, memasuki bulan September-Oktober musim penghujan tiba. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat makin sering terjadi dan kadang disertai dengan angin kencang. Angin dan hujan lebat menyebabkan pohon-pohon rawan tumbang, selain karena faktor pohon yang mungkin sudah tua, akar keporos atau karena faktor kondisi tanah sekitar.

Di Kalurahan Bugel, tanah pekarangan sekitar rumah warga sebagian besar ditumbuhi pohon kelapa. Kelapa adalah salah satu komoditas yang mendukung perekonomian warga selain tanaman-tanaman di lahan pertanian. Banyaknya pohon kelapa di sekitar rumah menjadikan kejadian bencana rumah tertimpa pohon kelapa tumbang cukup sering terjadi, apalagi di awal musim penghujan.

Awal September, rumah Miratun (Pedukuhan IV) dan rumah Basirah (Pedukuhan IX) tertimpa pohon kelapa tumbang. Sedangkan mendekati pertengahan November tiga rumah warga lainnya tertimpa pohon kelapa tumbang, masing-masing milik Sunardi (Pedukuhan V), Aminah (Pedukuhan IX) dan Sukisno (Pedukuhan II).

Rabu (17/11/2021) Pemerintah Kalurahan Bugel mewujudkan kepedulian dengan memberikan santunan atas kejadian bencana tak terduga tersebut kepada Aminah dan Sukisno, menyusul tiga warga lain yang sudah lebih dulu menerima santunan tak lama setelah kejadian bencana pohon tumbang terjadi. Santuan berupa paket bantuan dan sejumlah uang yang bersumber dari Dana Kalurahan diberikan kepada warga yang berhak dan diharapkan dapat membantu mengurangi kerugian atas bencana tak terduga tersebut. (red)

Bagikan artikel ini: