You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

Percepatan Vaksinasi di Pedukuhan IV dan Balai Kalurahan Bugel


Percepatan Vaksinasi di Pedukuhan IV dan Balai Kalurahan Bugel

Dalam rangka percepatan vaksinasi, Selasa (16/11/2021), vaksinasi massal diselenggarakan di Pedukuhan IV tepatnya di halaman rumah Patriatmoko (Dukuh IV) setelah sebulan sebelumnya di lokasi yang sama dilaksanakan vaksinasi dengan mayoritas vaksin dosis pertama. Vaksinasi dosis kedua ini dihadiri warga lintas usia baik remaja, dewasa, pralansia maupun lansia. Selain vaksin dosis kedua, vaksin dosis pertama juga diberikan kepada beberapa warga yang baru pertama kali hadir atau baru dapat divaksin kali ini. 

Selain di halaman rumah Dukuh IV, vaksinasi juga dilakukan langsung ke rumah beberapa warga yang belum hadir. Dari 6 rumah yang dikunjungi hanya 1 orang lansia yang dapat divaksin, beberapa yang lain adalah lansia dengan tensi tinggi dan memiliki penyakit bawaan. Total warga tervaksin yaitu 23 orang (dosis 1 Sinovac), 187 orang (dosis 2 Sinovac) dan 22 orang (dosis 2 Astra Zeneca). Pelaksanaan vaksinasi di Pedukuhan IV ini juga ditinjau oleh Panewu Kapanewon Panjatan.

Sementara Sabtu (20/11/2021) vaksinasi massal dilaksanakan di area balai Kalurahan Bugel. Antusiasme tampak dari kehadiran warga yang sangat awal di pagi hari untuk mengambil nomor antrian. Vaksin kedua di area balai kalurahan ini tak jauh beda dengan di Pedukuhan IV, dihadiri warga lintas usia bahkan penderita disabilitas dan ibu hamil. Vaksinasi juga dilakukan door to door kepada belasan warga dan 6 orang tervaksin sementara lainnya ditunda. Total warga tervaksin yaitu 37 orang (dosis 1 Sinovac) dan 237 orang (dosis 2 Sinovac).

Vaksinasi yang dilaksanakan di lokasi yang dekat dan mudah dijangkau diharapkan dapat mendongkrak angka warga tervaksin di Kalurahan Bugel. Vaksinasi di Pedukuhan IV dan di area balai kalurahan dilakukan oleh tim vaksinator dari Puskesmas Panjatan II. Puskesmas Panjatan II juga memiliki jadwal vaksinasi yang selalu diperbarui dan disebarluaskan oleh pihak-pihak terkait maupun melalui media sosial. Herd immunity diharapkan segera tercapai dengan semakin meningkatnya angka vaksinasi.(red)

Bagikan artikel ini: