You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Pawiyatan Pamong Tingkatkan Kompetensi Dukuh

Redaksi 13 Maret 2022 Dibaca 694 Kali
Pawiyatan Pamong Tingkatkan Kompetensi Dukuh

Delapan orang Dukuh Pedukuhan di Kalurahan Bugel terjadwal mengikuti Pawiyatan Pamong Tahap XI - Angkatan 57 Tahun 2022 yang diselenggarakan pada 9-11 Maret 2022, menyusul dua orang Dukuh yang telah mengikuti kegiatan serupa pada bulan Oktober tahun 2020. Kegiatan Pawiyatan Pamong yang berlangsung selama 3 hari tersebut bertempat di Gedung Punakawan Ragam Kriya, Jl. Ahmad Dahlan No. 73, Yogyakarta dan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat serta Pura Pakualaman. 

Selama 3 hari para Dukuh memperoleh banyak pengetahuan tentang UU Keistimewaan DIY, sejarah DIY, Tata Lampah, Tata Krama serta ilmu Pranata Mangsa. Makna Mandat UU Keistimewaan DIY, Perdais Pertanahan dan Perdais Tata Ruang serta pengetahuan tentang sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan materi yang disampaikan pada hari pertama, sedangkan pada hari kedua kegiatan dilaksanakan di Ndalem Kraton Ngayogyakarta dengan materi tentang Wawasan Budaya DIY, pelatihan Tata Lampah dan Tata Krama, Hajad Dalem serta ilmu Pranata Mangsa. Materi tentang Dana Keistimewaan capaian-capaian Keistimewaan DIY diberikan pada hari terakhir.

Pawiyatan Pamong ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membentuk sikap mental dan meningkatkan kompetensi dasar kepamongan, dengan menghayati Keistimewaan Yogyakarta yang bersumber dari Kraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman. Pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti Pawiyatan Pamong diharapkan dapat diterapkan dalam pemerintahan dan kegiatan bermasyarakat. (red)

"Selamat kagem. Peserta Pawiyatan pamong. Semoga Ilmunya bisa di tulaskan keseluruh warga masyarakat wolayah masing masing.
Ari Setiawan. 02 Mei 2024
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image