You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Pelatihan Karawitan Siapkan Generasi Pengrawit

Kontributor 07 Juni 2022 Dibaca 665 Kali
Pelatihan Karawitan Siapkan Generasi Pengrawit

Dalam rangka kegiatan Pembinaan Grup Kesenian dan Kebudayaan Tingkat Desa, Kalurahan Budaya Bugel melaksanakan pelatihan karawitan secara intensif dan mendatangkan pelatih profesional. Kegiatan tersebut berlangsung selama 6 hari mulai dari tanggal 27 Mei - 6 Juni 2022, diikuti oleh para pengrawit dari kalangan anak-anak dan remaja Kalurahan Bugel. Praktek pelatihan karawitan ini dilakukan di ruang gamelan Kalurahan Bugel.

Pembukaan pelatihan karawitan intensif ini dihadiri oleh Lurah Bugel Sunardi, Ketua Kalurahan Budaya Bugel Ngadi Sunaryo dan Tim Monitoring Kalurahan Budaya Edi Jatmiko. Pelatih profesional alumni ISI Yogyakarta yang melatih karawitan adalah Angga Anggrianata, S.Sn. warga Pajangan, Bantul. Pada hari pertama pelatihan, Angga menyampaikan teori-teori dan pengetahuan seni karawitan kemudian setelahnya mengajak para pengrawit untuk praktek. Pendamping Desa Budaya Christianingtyas dan Amrih Tuti L. turut serta terlibat selama pelatihan berlangsung.

Pelatihan karawitan dengan sasaran generasi muda ini juga dalam rangka menyiapkan pelaku-pelaku seni muda yang memiliki masa depan panjang dalam kancah seni dan budaya, menumbuhkan dan mengembangkan bibit-bibit baru yang akan meneruskan langkah para pengrawit senior serta dapat membawa nama baik kalurahan budaya. Kegiatan ini sepenuhnya didanai menggunakan Dana Keistimewaan DIY 2022. Dan selepas dari jadwal pelatihan intensif ini, latihan lanjutan akan tetap dilakukan secara rutin.

Sebelumnya, latihan karawitan telah berlangsung rutin di Kalurahan Bugel dan dilakukan oleh para peminat serta pelaku seni dewasa. Latihan rutin dilakukan di ruang gamelan area balai kalurahan dan juga di pedukuhan di mana satu set gamelan lain ditempatkan. Latihan yang telah berlangsung rutin ini sempat terhenti karena pandemi dan saat ini mulai kembali diupayakan untuk dapat kembali terlaksana secara rutin.(asih/amrih)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image