You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Bugel Terima Penghargaan Wajib Pajak Pengelola Dana Desa Dengan Tingkat Kepatuhan Terbaik 2023

Redaksi 23 Juli 2024 Dibaca 193 Kali
Bugel Terima Penghargaan Wajib Pajak Pengelola Dana Desa Dengan Tingkat Kepatuhan Terbaik 2023

Senin (22/7/24) Kalurahan Bugel menghadiri acara Malam Penghargaan dan Apresiasi Bagi Wajib Pajak dan Stakeholder di Lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak DIY di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta. Acara yang mengambil tema “Pahargyan Paramarta, Paos Srana Manuju Kerta, Sinergi Hanggayuh Hayuning Bongso” tersebut bermakna budi pekerti yang mengingatkan bahwa pelaksanaan kewajiban pajak adalah bukti keluhuran hati dan cinta pada ibu pertiwi demi kesejahteraan bangsa.

Pada acara yang dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Direktur Jenderal Pajak, Suryo Utomo tersebut dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Direktorat Jenderal Pajak dan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta tentang Strategi Optimalisasi Pajak Pusat dan Pajak Daerah Melalui Pertukaran Data Secara Elektronik. Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan pemerintah daerah yang pertama melaksanakan pertukaran data secara elektronik yang diikuti oleh seluruh OPD terkait secara bersama-sama. "DIY menjadi pionir dalam mengubah metode pertukaran data dari manual ke elektronik, melibatkan semua OPD terkait secara menyeluruh. Ini kemajuan besar yang kita banggakan, karena mampu meningkatkan efisiensi dan akurasi data, serta mendukung optimalisasi penerimaan pajak secara lebih baik", ucap Sri Sultan.

Sementara itu Direktur Jenderal Pajak, Suryo Utomo menyampaikan ruang lingkup kerja sama melalui nota kesepakatan tersebut yaitu antara lain pertukaran data dan/atau informasi secara elektronik pajak kendaraan bermotor, serta pertukaran beberapa data lainnya serta kegiatan lain yang disepakati sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Direktorat Jenderal Pajak Kanwil DIY, Erna Sulistyowati menyampaikan tujuan kegiatan selain penandatanganan nota kesepakatan adalah pemberian apresiasi kepada stakeholder dan penghargaan kepada wajib pajak dengan kontribusi terbesar maupun kepatuhan dalam perpajakan. Apresiasi dan penghargaan tersebut terbagi menjadi beberapa kategori antara lain Wajib Pajak Badan Pusat dengan kontribusi pajak terbesar, Wajib Pajak Badan UMKM dengan kontribusi pajak terbesar, Wajib Pajak Pengelola Dana APBD dengan kontribusi pajak terbesar, Wajib Pajak Orang Pribadi dengan kontribusi pajak terbesar, Wajib Pajak Orang Pribadi UMKM, OPD dengan pertukaran data terlengkap, Wajib Pajak Pengelola Dana Desa dengan tingkat kepatuhan terbaik, dan lain-lain.

Kalurahan Bugel memperoleh penghargaan pada kategori Wajib Pajak Pengelola Dana Desa dengan Tingkat Kepatuhan Terbaik Tahun 2023, bersama dengan dua kalurahan lain di Kabupaten Kulon Progo yaitu Kalurahan Pengasih dan Kalurahan Hargorejo. Kalurahan Bugel senantiasa berkomitmen melaksanakan kewajiban perpajakan sesuai dengan aturan yang berlaku, selaras dengan pernyataan Sri Sultan bahwa pajak bukan hanya sekadar kewajiban hukum, tetapi juga cerminan rasa tanggung jawab sosial dan kontribusi nyata kepada masyarakat.(fa)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image