Kamis (19/12), Kalurahan Bugel menyelenggarakan pelatihan packaging dan branding produk bagi pelaku UMKM. Pelatihan ini dihadiri oleh sekitar 35 pelaku UMKM di wilayah Kalurahan Bugel. Peserta pelatihan berasal dari berbagai macam pelaku UMKM, mulai dari usaha keripik, telur asin, ecoprint, bakery, pakaian, catering, makanan ringan dan lain sebagainya.
Narasumber pelatihan adalah Ragil Pasadewa yakni seorang desain grafis dan pelaku seniman digital. Narasumber menyampaikan bahwa branding produk sangatlah penting dalam sebuah produk. Selain membedakan produk dari pesaing juga dapat membangun identitas dan kesadaran merek. Branding produk juga dapat meningkatkan nilai jual produk dan kepercayaan pelanggan kepada sebuah merk.
Narasumber juga menyampaikan mengenai strategi branding yang tepat bagi UMKM yakni dengan mengenali target pasar, membuat identitas merek yang unik, konsisten dalam komunikasi, memanfaatkan media sosial, dan kolaborasi.
Di era ini, packaging atau kemasan produk memiliki peran yang sangat penting. Selain berfungsi untuk melindungi kualitas produk, presentasi visual produk menjadi sangat penting karena yang konsumen pertama kali lihat saat membeli suatu produk (selain produk tersebut) adalah kemasannya. Pelaku UMKM yang baik harus dapat menampilkan citra serta branding produk melalui kemasannya sehingga mempunyai ciri khas dan menarik.
Pada pelatihan ini, peserta diajarkan cara membuat logo produk yang menarik menggunakan aplikasi Canva. Selain logo, narasumber juga menekankan dalam membangun branding yang kuat, pemilik UMKM juga harus memperhatikan nama merek, warna dan tipografi, tagline produk, dan identitas visual. Diakhir kegiatan, peserta juga diajarkan cara membuat tagline yang menarik dan tips voice over untuk kebutuhan iklan dan membuat konten produk untuk pemasaran.
Keikutsertaan para pelaku UMKM dalam pelatihan branding dan packaging ini diharapkan mampu membawa mereka untuk lebih sinergis, inovatif dalam mengembangkan usahanya sehingga dapat bersaing dengan produk – produk lain. (ap)