You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Kalurahan Budaya Bugel Meriahkan Selasa Wagen 2024 dengan Cancut Taliwanda

Administrator 13 Mei 2024 Dibaca 99 Kali
Kalurahan Budaya Bugel Meriahkan Selasa Wagen 2024 dengan Cancut Taliwanda

Kota Yogyakarta (KB) - Kalurahan Bugel, di Kulon Progo, Yogyakarta, memeriahkan acara Selasa Wagen Kalurahan Budaya 2024 dengan tema Cancut Taliwanda, Senin (6/5), di Taman Budaya Yogyakarta. Acara ini menampilkan kolaborasi musik keroncong dan gamelan yang diberi nama "Bugel Sumringah".

Pertunjukan ini memadukan alunan merdu musik keroncong, alat musik tradisional yang menjadi salah satu potensi budaya Kalurahan Bugel, dengan gempuran gamelan yang penuh semangat. Perpaduan ini semakin diperkaya dengan tarian yang indah dan dihiasi dengan beberapa hasil kerajinan enceng gondok dan batik ecoprint khas Kalurahan Bugel.

Penampilan ini menjadi representasi semangat gotong royong masyarakat Kalurahan Bugel dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya leluhur. Kolaborasi musik, tari, dan kerajinan ini menjadi bukti bahwa budaya Bugel tidak hanya lestari, tetapi juga mampu berkembang dan dikemas dengan menarik untuk dinikmati oleh masyarakat luas.

Selasa Wagen Kalurahan Budaya bukan hanya sekedar pertunjukan, tetapi juga merupakan upaya untuk mengembangkan kebudayaan masyarakat dalam berbagai aspeknya, meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia di bidang kebudayaan, membangun sinergitas antara berbagai pihak, termasuk Dinas Kebudayaan DIY, pemerintah desa, pengurus desa budaya, dan masyarakat, mewujudkan Desa Budaya yang mandiri, serta menggali potensi yang ada di Desa Budaya Bugel dan mengembangkannya menjadi potensi unggulan.

Cancut Taliwanda, tema yang diusung dalam pertunjukan ini, memiliki makna yang mendalam. Taliwanda merupakan tali yang terbuat dari bambu yang digunakan untuk mengikat padi saat panen. Taliwanda ini menjadi simbol semangat gotong royong masyarakat Kalurahan Bugel dalam bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Pertunjukan "Bugel Sumringah" ini menjadi bukti nyata bahwa Kalurahan Bugel berkomitmen untuk melestarikan budayanya dan mengembangkannya menjadi potensi unggulan. Dengan semangat gotong royong dan kolaborasi, masyarakat Kalurahan Bugel yakin dapat mewujudkan Desa Budaya yang mandiri dan sejahtera.(adm)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image