You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Perpustakaan Lentera Salah Satu Sasaran Penelitian Implementasi TPBIS

Kontributor 11 Oktober 2023 Dibaca 302 Kali
Perpustakaan Lentera Salah Satu Sasaran Penelitian Implementasi TPBIS

Perpustakaan Lentera menerima kunjungan dari Kemenko PMK (Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia), pada hari Selasa, 26 September 2023. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah melaksanakan Penelitian Implementasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) di DIY. TPBIS telah dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional, sejak 2018. Melihat keadaan di lapangan, DIY memiliki indikator budaya literasi tinggi, namun angka kemiskinannya tertinggi di Pulau Jawa. Oleh karena itu, Kemenko PMK melakukan penelitian Implementasi TPBIS di DIY khususnya di Kabupaten Sleman (kemiskinan terendah se DIY) dan Kulon Progo (kemiskinan tertinggi se DIY). 

Pada kunjungan tersebut, Tri Haryanto selaku peneliti di Perpustakaan Lentera disambut hangat oleh Lurah Bugel, Sunardi di Ruang Rapat 1 Kalurahan Bugel. Dalam kunjungannya beliau juga mengkaji informasi terkait esensi implementasi kebijakan TPBIS, melalui wawancara dengan Ketua Pengelola Perpustakaan Lentera, Suparwata; dan Dukuh Beran Klepusari, Hartini selaku tokoh masyarakat Bugel.(asih)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image