You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Petani Muda Bugel Budidayakan Bawang Merah Varietas Tajuk

Redaksi 17 Juni 2022 Dibaca 947 Kali
Petani Muda Bugel Budidayakan Bawang Merah Varietas Tajuk

Pagi hari, Jumat (17/6/22), para petani warga Bugel seperti biasa turun ke sawah dan tegalan untuk merawat tanaman. Petani di Kalurahan Bugel terdiri dari warga lintas usia, termasuk generasi muda, lelaki dan perempuan. Para petani menggarap sawah yang tersebar di wilayah kalurahan, sebagian lagi menggarap lahan pertanian di pesisir. Termasuk seorang petani muda, Pamuji (30), yang pagi itu turun ke sawah di Bulak Kidul Gelaran, yang ia tanami bawang merah. Seperti petani yang lain, ia memastikan tanamannya terawat dengan baik dengan melakukan penyemprotan untuk melawan fungi dan insect yang menyerang tanaman bawang merah.

Pamuji menuturkan, bawang merah yang ia tanam merupakan varietas Tajuk yang dapat beradaptasi dengan cukup baik pada musim kemarau dan tahan terhadap musim hujan. Pada musim kemarau berhujan tahun ini yang cuacanya tak menentu, Pamuji dibantu oleh hujan dalam penyiraman namun harus melakukan penyemprotan lebih sering untuk melawan hama jamur. Hama utama bawang merah adalah ulat dan jamur, yang masing-masing memiliki interval lebih tinggi di musim kemarau dan musim hujan, sehingga di musim tak menentu ini, petani mau tak mau harus menyesuaikan diri.

Bawang merah Tajuk di lahan Pamuji sudah mencapai usia tanam 37 HST dan selama itu ia telah melakukan pemupukan 3x untuk mendukung pertumbuhan, pembuahan dan pembesaran umbi. Tanaman bawang merah ini akan siap dipanen pada usia lebih kurang 50 HST. Berdasarkan pengalaman Pamuji, bibit 75 kg yang ditebar di lahan seluas 1100 m2 akan menghasilkan panen 15-20 kali lipat di dalam kondisi normal. 

Dalam kondisi normal, petani Kalurahan Bugel berkontribusi dalam pasar bawang merah dalam jumlah tak sedikit dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani apalagi di saat harga pasar sedang baik.(pamuji/red)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image