You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Reog Wayang "Prahara Goa Kiskenda" Meriahkan Bandara YIA

Administrator 13 Mei 2024 Dibaca 94 Kali
Reog Wayang

Kulon Progo (KB) - Kalurahan Budaya Bugel, Panjatan, Kulon Progo, turut memeriahkan Pentas Seni Desa Budaya di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Sabtu (11/5). Mengangkat tema "Cultural Glory Kejayaan Budaya", Bugel menampilkan Reog Wayang "Prahara Goa Kiskenda", sebuah pertunjukan yang sarat makna dan penuh energi.

Pertunjukan ini menceritakan kisah peperangan antar saudara antara Sugriwa dan Subali, yang bermula dari kesalahpahaman sebuah pesan. Cerita ini dikemas dengan apik melalui tarian, musik, dan kostum yang indah, memukau para pengunjung bandara YIA. Selain menghibur, pertunjukan ini juga bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya Kalurahan Bugel kepada masyarakat luas.

Pentas Seni Desa Budaya Bugel dengan Reog Wayang "Prahara Goa Kiskenda" memiliki beberapa pesan budaya yang ingin disampaikan, antara lain meliputi pentingnya menjaga dan melestarikan budaya tradisional, kekayaan budaya Yogyakarta yang luar biasa, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam budaya Yogyakarta, seperti persaudaraan, keberanian, dan pengorbanan, semangat gotong royong dalam menjaga budaya, dan Yogyakarta sebagai destinasi wisata budaya yang menarik.

Kalurahan Budaya Bugel terus berupaya untuk melestarikan budaya Reog Wayang dengan berbagai cara, antara lain melatih generasi muda untuk mempelajari seni Reog Wayang, mengadakan pertunjukan Reog Wayang di berbagai acara, serta mempromosikan budaya Reog Wayang kepada masyarakat luas.

Masyarakat dan wisatawan diharapkan turut berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan budaya Yogyakarta. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi dan menyaksikan pertunjukan budaya seperti Pentas Seni Desa Budaya di Bandara YIA.(adm)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image