You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Jaran Gogeg Ceritakan Kepiawaian Prajurit Diponegoro

Redaksi 08 Mei 2023 Dibaca 589 Kali
Jaran Gogeg Ceritakan Kepiawaian Prajurit Diponegoro

Minggu (7/5/23), grup seni dan budaya Kalurahan Bugel menampilkan tari Jaran Gogeg di Yogyakarta International Airport (YIA) dalam rangka memenuhi jadwal pentas rutin sebagai desa budaya. Kundha Kabudayan DIY menyelenggarakan kegiatan pentas desa budaya ini dengan didanai oleh Dana Keistimewaan. Selain melestarikan seni dan budaya, pentas ini juga bertujuan mengenalkan kesenian dan budaya kepada seluruh pengunjung atau para pelaku perjalanan yang melalui YIA. 

Didampingi pendamping budaya Bugel Yayas dan Amrih, pelaku seni Bugel menampilkan tarian yang menceritakan tentang kepiawaian prajurit memainkan senjata pedang dengan mengendarai kuda. Tarian tersebut banyak di lakukan pada zaman dahulu sebagai media penyamaran melatih kalangan pemuda dalam olah perang karena selalu diintai oleh tentara Belanda. Para pemuda tersebut kemudian bergabung dalam laskar Pangeran Diponegoro. Jaran Gogeg sendiri memiliki arti kuda yang bertarung/berkelahi.(kontributor:gandung)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image