Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Panjatan, Kulon Progo

Artikel

Pemanfaatan Limbah Daun Ecoprint

06 Agustus 2022 13:36:51  Kontributor  92 Kali Dibaca  Berita Kalurahan

Produksi ecoprint di Bugel berkembang cukup baik, ditandai dengan sudah memiliki motif ecoprint khas Bugel yaitu motif surjan. Pencapaian ini salah satunya diawali dengan pelatihan dan penguatan motif ecoprint oleh LPPM UNY kepada masyarakat Kalurahan Bugel. Hubungan kerjasama yang terjalin baik antara Kalurahan Bugel dan LPPM UNY melahirkan pelatihan-pelatihan lanjutan setelahnya.

Sabtu (6/8/2022), pelatihan pengolahan limbah ecoprint dilaksanakan di aula kalurahan oleh Tim FMIPA UNY dihadiri oleh perajin ecoprint, pengelola bank sampah dan karang taruna. Setelah dibuka oleh Lurah Bugel, Tim FMIPA UNY dengan koordinator Dr.Tien Aminatun, S.Si., M.Si. memberikan pelatihan dan kesempatan kepada peserta untuk melakukan praktek secara langsung. Tien menjelaskan bahwa pengolahan limbah ecoprint kali ini dikhususkan pada pemanfaatan limbah untuk bidang kerajinan gerabah dan untuk pembuatan kompos. Limbah produksi ecoprint dikelompokkan menjadi 2 macam yakni limbah daun yang masih utuh dan dapat digunakan untuk menghias gerabah serta limbah daun hancur/rusak yang dapat dijadikan sebagai pupuk kompos.

Pengaplikasian pada kerajinan gerabah tanah liat, terlebih dulu permukaan gerabah diamplas, kemudian pada permukaan gerabah ditempelkan limbah daun menggunakan lem. Tujuan pengamplasan permukaan gerabah tanah liat adalah agar daun dapat tertempel dengan baik. Setelah daun tertempel dengan baik sesuai motif yang diinginkan dan lem sudah mengering, untuk menambah nilai estetika dipoleskan pernis sebagai finishing. Pengolesan pernis dapat diulang untuk menghasilkan tampilan akhir yang dikehendaki. Setelah kering gerabah tanah liat dapat langsung digunakan sebagai pot/vas bunga kering/artifisial.

Sedangkan proses pengolahan kompos dari limbah ecoprint dapat dilakukan secara alami maupun fermentasi. Secara alami dapat langsung dipendam ditanah, sedangkan secara fermentasi dilakukan dengan bantuan bakteri EM4 dan enzim Molase. Proses alami pengolahan kompos membutuhkan waktu kisaran 3 bulan, sedangkan proses fermentasi hanya butuh waktu kisaran 1 bulan. Proses fermentasi dilakukan dalam suatu wadah dimana limbah ecoprint dicampur bersama EM4 dan Molase kemudian ditutup. Setelah 1 bulan kompos tersebut dapat langsung digunakan untuk memupuk tanaman.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberi manfaat dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia maupun perekonomian masyarakat Bugel. Pengetahuan dari pelatihan dapat langsung dipraktekkan diawali dari lingkup terkecil, yakni keluarga.(asih)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Profil Kalurahan

Profil PPID

Wilayah Kalurahan

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : PEDUKUHAN VII, BUGEL, PANJATAN, KULON PROGO
Kalurahan : Bugel
Kapanewon : Panjatan
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55655
Telepon : 085367629799
Email : bugelpanjatan@gmail.com

Agenda

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:67
    Kemarin:260
    Total Pengunjung:49.681
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.65.220
    Browser:Tidak ditemukan

Komentar Terbaru

Arsip Artikel

05 Maret 2019 | 33.685 Kali
Sejarah Kalurahan
15 November 2021 | 33.612 Kali
Struktur Organisasi Pemerintah Kalurahan
05 Maret 2019 | 33.499 Kali
Informasi Setiap Saat
29 Maret 2019 | 33.463 Kali
Maklumat PPID
05 Maret 2019 | 33.431 Kali
Profil
29 Maret 2019 | 33.411 Kali
Permohonan Informasi
29 Maret 2019 | 33.404 Kali
Daftar Informasi Publik