You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Kearifan Lokal Sambatan Tak Tergerus Zaman

Redaksi 19 Desember 2021 Dibaca 533 Kali
Kearifan Lokal Sambatan Tak Tergerus Zaman

Gotong royong, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), memiliki arti bekerja bersama-sama (tolong menolong, bantu membantu). Gotong royong juga merupakan salah satu penerapan nilai-nilai luhur Pancasila dan merupakan budaya asli bangsa Indonesia yang masih dilestarikan hingga kini. 

Gotong royong memiliki sebutan yang berbeda-beda di berbagai wilayah di Indonesia. Di wilayah yang masyarakatnya bersuku Jawa, dikenal istilah sambatan sebagai salah satu bentuk gotong royong. Sambatan berakar dari kata sambat yang berarti meminta bantuan, biasanya dalam hal mendirikan atau memperbaiki rumah. Pemilik rumah akan meminta bantuan kepada tetangga, biasanya dilakukan dari rumah ke rumah, selain menunjukkan adab sopan santun juga sebagai penghormatan kepada pihak yang dimintai bantuan. 

Kearifan lokal sambatan masih terjaga di Kalurahan Bugel. Minggu (19/12/21), di Padukuhan IV Bugel warga bersama-sama bekerja memperbaiki bangunan yang digunakan sebagai pangkalan bank sampah Kusuma Tanaya IV. Seperti kebiasaan masyarakat, pekerjaan-pekerjaan berat dalam sambatan dilakukan oleh penduduk lelaki, sementara para perempuan menyiapkan hidangan-hidangan dan membantu pekerjaan yang lebih ringan. 

Sambatan juga menunjukkan bahwa empati dan kepedulian sosial masyarakat di pedesaan masih tinggi meskipun modernitas memasuki sendi-sendi kehidupan pedesaan. (red)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image