Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Panjatan, Kulon Progo Menuju 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia, PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT

Artikel

Kearifan Lokal Sambatan Tak Tergerus Zaman

19 Desember 2021 22:07:17  Redaksi  129 Kali Dibaca  Berita Kalurahan

Gotong royong, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), memiliki arti bekerja bersama-sama (tolong menolong, bantu membantu). Gotong royong juga merupakan salah satu penerapan nilai-nilai luhur Pancasila dan merupakan budaya asli bangsa Indonesia yang masih dilestarikan hingga kini. 

Gotong royong memiliki sebutan yang berbeda-beda di berbagai wilayah di Indonesia. Di wilayah yang masyarakatnya bersuku Jawa, dikenal istilah sambatan sebagai salah satu bentuk gotong royong. Sambatan berakar dari kata sambat yang berarti meminta bantuan, biasanya dalam hal mendirikan atau memperbaiki rumah. Pemilik rumah akan meminta bantuan kepada tetangga, biasanya dilakukan dari rumah ke rumah, selain menunjukkan adab sopan santun juga sebagai penghormatan kepada pihak yang dimintai bantuan. 

Kearifan lokal sambatan masih terjaga di Kalurahan Bugel. Minggu (19/12/21), di Padukuhan IV Bugel warga bersama-sama bekerja memperbaiki bangunan yang digunakan sebagai pangkalan bank sampah Kusuma Tanaya IV. Seperti kebiasaan masyarakat, pekerjaan-pekerjaan berat dalam sambatan dilakukan oleh penduduk lelaki, sementara para perempuan menyiapkan hidangan-hidangan dan membantu pekerjaan yang lebih ringan. 

Sambatan juga menunjukkan bahwa empati dan kepedulian sosial masyarakat di pedesaan masih tinggi meskipun modernitas memasuki sendi-sendi kehidupan pedesaan. (red)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Informasi

Profil Kalurahan

Profil PPID

Wilayah Kalurahan

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : PEDUKUHAN VII, BUGEL, PANJATAN, KULON PROGO
Kalurahan : Bugel
Kapanewon : Panjatan
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55655
Telepon : 085367629799
Email : bugelpanjatan@gmail.com

Agenda

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:160
    Kemarin:347
    Total Pengunjung:37.433
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.225.8
    Browser:Tidak ditemukan

Komentar Terbaru