You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Generasi Milenial Pantomimer Kalurahan Bugel Tampil di TBY

Kontributor 20 Mei 2022 Dibaca 452 Kali
Generasi Milenial Pantomimer Kalurahan Bugel  Tampil di TBY

Pantomim merupakan sebuah seni pertunjukan tanpa kata-kata yang dimainkan dengan menggerakkan tubuh serta ekspresi wajah. Walau dilakukan tanpa kata-kata, namun dalam pertunjukan pantomim biasanya akan diiringi musik, sulap, tarian, dan lain sebagainya. Biasanya Taman Budaya Yogyakarta selalu menyelenggarakan gelar pantomim setiap satu tahun sekali. Namun, program tersebut sempat terhenti karena efek pandemi COVID 19.

Pada tahun 2022 ini, Kalurahan Budaya Bugel yang bekerjasama dengan Rumah Pantomim Yogyakarta, Sanggar Hecka Art Studio dan Sanggar Seni Budaya Bugel mendapat kesempatan menampilkan sebuah pertunjukan pantomim di Taman Budaya Yogyakarta. Biasanya para pelaku seni pantomim yang dipentaskan adalah para profesional pelaku seni pantomim. Namun, kali ini Rumah Pantomim Yogyakarta mencoba mengembangkan sebuah program yang bertajuk ‘Pantomim Masuk Desa’ yang dimana para pelaku seninya adalah para pemula yang belum terlalu mengenal tentang seluk beluk pantomim. Tujuannya adalah untuk mengedukasi dan menyebarluaskan seni tentang pantomim itu sendiri kepada masyarakat luas. Untuk pertunjukan kali ini, Sanggar Seni Budaya Bugel bersama Hecka Art Studio menampilkan pertunjukan Pantomim Kerakyatan yang berjudul ‘Kyai Sabuk Janur’. Kyai Sabuk Janur sendiri adalah seorang tokoh penderek Pangeran Diponegoro yang babat alas di area pesisir selatan, kemudian meninggalkan petilasan yang di sebut Petilasan Kyai Sabuk Janur di Nggelaran, Kalurahan Bugel. Untuk latihannya sendiri dilakukan kurang lebih selama 1 bulan. Walaupun para pelaku seninya masih tergolong pemula, tetapi semangat anak anak Kalurahan Bugel sangat luar biasa dan layak diapresiasi.

Pentas Pantomim yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (14/05/2022 dan 15/05/2022) di Concer Hall, Taman Budaya Yogyakarta tersebut di ikuti oleh 3 kontingen perwakilan tiap kabupaten dari seluruh Propinsi DIY. Masing masing kontingen adalah Hecka Art Studio (Kulon Progo), Joper Mime (Bantul) dan Arka Mime (Kota Yogyakarta). Konsep pertunjukan berupa tapping (Tapping adalah proses produksi program televisi/ youtube non-live, yang artinya tidak disiarkan secara langsung namun melalui beberapa proses editing baik video maupun audionya). Untuk penayangan secara online akan serentak disiarkan melalui channel youtube Taman Budaya Yogyakarta dan tasteofjogja disbud diy di bulan Juni mendatang. Seluruh program ini didanai dengan menggunakan Dana Keistimewaan. (yayas)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image