You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Sendratari "Tapal Wates Gebyakan" Turut Semarakkan Gelar Potensi Desa Budaya

Kontributor 14 September 2023 Dibaca 516 Kali
Sendratari

Gelar Potensi Kalurahan Budaya tahun 2023 ini, mengusung Tema "Gumregah Tumandang Gawe", yang diikuti 16 Kalurahan Budaya se-Kabupaten Kulon Progo, yaitu Pagerharjo, Kaliagung, Tanjungharjo, Kalirejo, Sukoreno, Sogan, Bugel, Tuksono, Jatimulyo, Banjarharjo, Hargomulyo, Sidorejo, Sendangsari, Glagah, Brosot, dan Tayuban. Acara tersebut berlangsung selama 2 hari, Selasa-Rabu, 12-13 September 2023, yang dimeriahkan dengan adanya gelar pertunjukan dan pameran dari 16 Kalurahan Budaya. 

Selasa malam, (12/09/2023) di Lapangan Tayuban, Kalurahan Bugel menampilkan sendratari "Tapal Wates Gebyakan", yang menceritakan tentang kepahlawanan Demang Surowono (penguasa wilayah Beran) yang melawan/mengusir penjajah Belanda. Pelaku seni yang terlibat kurang lebih 30 orang, yang dibimbing oleh Pendamping Kalurahan Budaya, Cristianingtyas, S.Sn dan Amrih Tuti Lestari, S.Sn. 

Selain gelar pertunjukan, Kalurahan Bugel juga ikut memamerkan potensi daerah yang terdiri dari sungging wayang, kain ecoprint, berbagai olahan makanan rumahan (keripik, slondok, telur asin, dan peyek), dan hasil bumi (bawang merah, semangka, jagung, dll).(asih/gandung)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image