You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Nyadran Jelang Ramadhan, Tradisi Lokal Bernilai Budaya

Redaksi 28 Maret 2022 Dibaca 449 Kali
Nyadran Jelang Ramadhan, Tradisi Lokal Bernilai Budaya

Jelang Ramadhan, masyarakat Kalurahan Bugel melaksanakan suatu rangkaian laku budaya berupa kegiatan pembersihan makam leluhur dari kotoran dan rerumputan, melakukan ziarah kubur, menabur bunga serta puncaknya memanjatkan doa bersama dan kenduri. Rangkaian kegiatan ini dikenal dengan sebutan nyadran. Dilansir dari Wikipedia, nyadran memiliki asal kata dari bahasa Sanskerta, sraddha yang artinya keyakinan. Dalam bahasa Jawa, nyadran berasal dari kata sadran yang artinya ruwah syakban. Budaya nyadran juga dapat dimaknai sebagai cara menghargai para leluhur dan mengungkapkan syukur kepada Tuhan serta sebagai salah satu langkah pembersihan diri jelang Ramadhan.

Mulai pertengahan Maret atau 2 minggu jelang Ramadhan, pedukuhan se-Kalurahan Bugel melaksanakan nyadran di pedukuhan masing-masing pada tanggal yang disepakati oleh warga pedukuhan tersebut. Pedukuhan I melaksanakan nyadran pada Minggu (13/03/2022) di makam Candi Loyo, Pedukuhan III dan IV pada Jumat (21/03/2022) di makam Menthikan, menyusul pedukuhan-pedukuhan lainnya. Pedukuhan VII melakukan kenduri nyadran pada Minggu (27/03/2022) di dekat makam Temuroso setelah malam sebelumnya menggelar doa bersama.(teguh)

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image