Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Panjatan, Kulon Progo Menuju 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia, PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT

Artikel

Pemilihan Nama Padukuhan Pertahankan Unsur Sejarah

28 Juni 2022 10:35:50  Redaksi  64 Kali Dibaca  Berita Kalurahan

Dalam rangka turut serta mendukung terwujudnya tertib data kewilayahan dan keseragaman administrasi kependudukan terkait nama-nama padukuhan di Kabupaten Kulon Progo, Kalurahan Bugel menyelenggarakan musyawarah kalurahan membahas pembakuan nama padukuhan, Selasa (28/6/22). Muskal berlangsung di aula kalurahan dengan dihadiri oleh Lurah dan seluruh pamong kalurahan, BPK Bugel, LPMK serta tokoh masyarakat. 

Merujuk kepada Peraturan Gubernur DIY Nomor 4 Tahun 2008 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Data SIAK Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kulon Progo serta data yang telah diakui, tumbuh dan berkembang di masyarakat maka pemilihan nama padukuhan dilaksanakan dengan menggunakan beberapa ketentuan salah satunya mempertimbangkan sejarah penamaan padukuhan dan tidak diperkenankan mengusulkan nama baru yang tidak mempunyai unsur sejarah.

Saat ini, 10 padukuhan di Kalurahan Bugel menyandang nama Pedukuhan I-Pedukuhan X sehingga pemilihan nama menjadi hal yang sangat penting karena penamaan dengan nomenklatur tersebut tidak lagi diperbolehkan. Melalui muskal, nama-nama yang sudah tumbuh dan berkembang di masyarakat diinventarisasi, ditelusuri jejak sejarahnya dan nantinya akan dipilih yang sesuai untuk menjadi nama padukuhan. Terungkap pada muskal ini nama-nama yang berkembang di masyarakat antara lain Cicikan, Bugel, Gelaran, Beran, Pancasan, Gumuk Waru, Joiranan dan lain-lain, yang terikat dengan sejarahnya masing-masing. Nama-nama ini merupakan usulan yang akan segera ditindaklanjuti.(red)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Informasi

Profil Kalurahan

Profil PPID

Wilayah Kalurahan

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : PEDUKUHAN VII, BUGEL, PANJATAN, KULON PROGO
Kalurahan : Bugel
Kapanewon : Panjatan
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55655
Telepon : 085367629799
Email : bugelpanjatan@gmail.com

Agenda

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:214
    Kemarin:347
    Total Pengunjung:37.487
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.225.8
    Browser:Tidak ditemukan

Komentar Terbaru