You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Bugel II Gelar Merti Padukuhan

Redaksi 27 Februari 2023 Dibaca 833 Kali
Bugel II Gelar Merti Padukuhan

Pelestarian adat dan tradisi merupakan salah satu bentuk pembangunan kebudayaan, agar generasi muda tidak asing dengan adat dan tradisi serta dapat memupuk semangat berkarya. Selain merti desa/kalurahan, ada satu adat /tradisi yang juga dilestarikan yaitu merti padukuhan. Seperti merti desa/kalurahan, merti padukuhan merupakan spirit warisan nenek moyang yang memiliki makna luhur. Merti berasal dari bahasa Jawa yang berarti merawat. Merti padukuhan mengingatkan setiap warga padukuhan agar turut serta dalam proses membangun padukuhan baik dalam pembangunan fisik maupun budaya (gotong royong, norma sosial, dsb) sehingga padukuhan menjadi rumah yang nyaman. 

Minggu (26/2/23), Padukuhan Bugel II menggelar merti padukuhan dengan puncak acara kirab gunungan hasil bumi sebagai wujud keberhasilan warga dalam olah tani. Kirab gunungan diikuti arak-arakan kesenian lokal berupa hadrah dan seni angklung, diakhiri kenduri dan doa bersama. Merti padukuhan dihadiri oleh Kundha Kabudayan KP, Kapanewon Panjatan, Lurah Bugel, masyarakat Padukuhan Bugel II, dan-lain-lain.(red)

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image