You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Rehab Jalan Menuju Petilasan Daruna Daruni Rampung Akhir Maret

Redaksi 14 April 2022 Dibaca 497 Kali
Rehab Jalan Menuju Petilasan Daruna Daruni Rampung Akhir Maret

Petilasan Daruna Daruni merupakan salah satu situs budaya di Kalurahan Bugel yang terletak di Pedukuhan X Bugel, yang memiliki jejak sejarah sebagai akar berdirinya Kalurahan Bugel. Konon di petilasan tersebut, Ki Daruno dan Nyi Daruni pernah menjejakkan kakinya dalam rangkaian peristiwa perang gerilya, sebagai pejuang pengikut Pangeran Diponegoro. Kini, petilasan tersebut masih dijaga dengan baik. Upacara adat merti dusun X Bugel biasanya dilakukan dengan melakukan kirab bregada Daruna Daruni dan peletakan tombak di petilasan sebelum doa bersama dan kenduri dilakukan.

Tak hanya situs tersebut yang dijaga dan dirawat, infrastruktur jalan menuju petilasan Daruna Daruni pun perlu mendapatkan perhatian. Tahun 2022, Kalurahan Bugel menganggarkan peningkatan sarana dan prasarana kebudayaan yang salah satunya adalah perkerasan jalan menuju petilasan Daruna Daruni dengan dana yang bersumber dari Dana Keistimewaan (Dais Desa Budaya TA 2022). Akhir Maret, pembangunan/rehabilitasi/peningkatan jalan menuju petilasan Daruna Daruni rampung dilakukan. Pembangunan sepanjang kurang lebih 400 meter ini menyerap cukup banyak tenaga kerja yang merupakan warga sekitar. (red)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image