You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Bulan Vitamin A Posyandu Mawar IV

Redaksi 08 Februari 2022 Dibaca 561 Kali
Bulan Vitamin A Posyandu Mawar IV

Bulan Februari dan Agustus ditetapkan sebagai Bulan Vitamin A oleh pemerintah sehingga pada kedua bulan tersebut anak-anak dapat memperoleh suplementasi Vitamin A yang pemberiannya dilakukan melalui fasilitas-fasilitas kesehatan secara gratis. Selaras dengan program tersebut, Posyandu Mawar IV pada Selasa (8/2/22) melaksanakan kegiatan pemberian Vitamin A kepada sejumlah 18 balita selain melakukan kegiatan rutin bulanan yaitu penimbangan berat badan, pengukuran lingkar kepala dan lengan, pengukuran tinggi badan balita dan Pemberian Makanan Tambahan. 

Vitamin A memiliki banyak manfaat antara lain meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan fungsi penglihatan, membantu proses pertumbuhan, dan lain-lain sehingga merupakan salah satu zat gizi penting bagi balita. Sasaran program Bulan Vitamin A adalah balita dari usia 6 bulan sampai dengan 59 bulan. Ada 2 jenis vitamin A dosis tinggi yang diberikan yaitu kapsul berwarna biru untuk bayi usia 6-11 bulan dan kapsul berwarna merah untuk usia 12-59 bulan. Selain itu, kapsul berwarna merah diberikan pula kepada ibu nifas. 

Berikut cara pemberian Vitamin A kepada balita:

  • Berikan kapsul biru untuk bayi dan kapsul merah untuk balita.
  • Potong ujung kapsul dengan menggunakan alat yang bersih.
  • Pencet kapsul dan pastikan anak menelan semua isi kapsul dan tidak membuang sedikit pun isi kapsul.
  • Bagi anak yang sudah bisa menelan dapat diberikan langsung 1 kapsul untuk diminum.

Kegiatan rutin di Posyandu Mawar IV dilaksanakan dengan menaati protokol kesehatan. Balita yang tidak hadir dapat melakukan penimbangan dan pengukuran mandiri kemudian menyetorkan hasilnya kepada kader Posyandu sehingga data tetap terbarui. Pada keadaan darurat atau zona merah Covid kegiatan tatap muka ditiadakan.(supatmiyati/red)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image