Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Panjatan, Kulon Progo Menuju 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia, PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT

Artikel

Berpijak Pada Sejarah, Beran Klepusari Digunakan Sebagai Nama Padukuhan

03 Juli 2022 19:57:46  Redaksi  90 Kali Dibaca  Berita Kalurahan

Pedukuhan VI Bugel terletak di bagian tengah wilayah kalurahan, berbatasan dengan lahan persawahan, Pedukuhan V, Pedukuhan VII dan sebagian berbatasan dengan wilayah Kalurahan Pleret. Menurut sejarah turun temurun, wilayah bagian utara Kalurahan Bugel awalnya berupa rawa-rawa yang kemudian dikeringkan/tanahnya ditinggikan dan dijadikan tempat tinggal. Daerah itu kemudian dikenal dengan sebutan 'Beran', memiliki akar kata dari bahasa Jawa 'bero' yang berarti tempat yang terdapat banyak genangan air. Sebutan Beran ini masih digunakan oleh penduduk sampai sekarang dan mencakup wilayah Pedukuhan V-X, yang seluruhnya berada di bagian utara wilayah kalurahan.

Zaman dahulu, orang membedakan wilayah salah satunya dengan berpedoman pada ciri-ciri tempat. Pada masa itu, menurut cerita turun temurun, ada bagian wilayah Beran yang memiliki ciri banyak tumbuh pohon klepu sehingga disebut Beran Klepusari dan ada bagian wilayah Beran yang banyak ditumbuhi pisang sehingga disebut Beran Pisangan. Kedua wilayah tersebut saat ini adalah wilayah Pedukuhan VI.

Berpijak pada sejarah tersebut, Sabtu (2/7/22), digelar pertemuan di kediaman Dukuh VI, Hartini, dalam rangka menyepakati nama baru Pedukuhan VI sesuai dengan hasil muskal beberapa waktu lalu. Hadir dalam pertemuan ini para sesepuh, tokoh masyarakat, RT, RW serta perwakilan warga.Menjadi kesepakatan, nama baru Pedukuhan VI adalah Beran Klepusari.

Ayat Rohman, salah seorang sesepuh memimpin pembacaan doa bersama memohon agar nama Beran Klepusari membawa berkah dan jauh dari mara bahaya, membawa kebaikan, kedamaian dan kesejahteraan bagi masyarakat. Pertemuan diakhiri dengan memotong tumpeng sebagai tanda Pedukuhan VI telah menyandang nama baru.(hartini/red)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Informasi

Profil Kalurahan

Profil PPID

Wilayah Kalurahan

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : PEDUKUHAN VII, BUGEL, PANJATAN, KULON PROGO
Kalurahan : Bugel
Kapanewon : Panjatan
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55655
Telepon : 085367629799
Email : bugelpanjatan@gmail.com

Agenda

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:220
    Kemarin:347
    Total Pengunjung:37.493
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.225.8
    Browser:Tidak ditemukan

Komentar Terbaru