You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Penanganan Stunting Menjadi Prioritas

Redaksi 23 Februari 2023 Dibaca 580 Kali
Penanganan Stunting Menjadi Prioritas

Kegiatan Survei Mawas Diri (SMD) 2023 Kalurahan Bugel berlangsung pada Rabu (22/2/23) dengan menghadirkan seluruh pamong kalurahan, kader kesehatan dan tokoh masyarakat lainnya. Kegiatan SMD ini dipandu oleh tim Puskesmas Panjatan II, melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat, dan menggali potensi-potensi yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan kesehatan tersebut.

Beberapa masalah kesehatan yang teridentifikasi meliputi tingginya angka stunting pada anak, belum optimalnya penanganan pada orang dengan gangguan jiwa, terganggunya tumbuh kembang anak karena penggunaan gawai yang berlebihan, kurangnya kesadaran perawatan gigi susu, kurangnya dukungan keluarga dalam menyukseskan pemberian ASI-Eksklusif/MP-ASI, dan ketersediaan area bebas rokok di tempat kerja.

Dari sekian banyak permasalahan yang tergali, stunting menjadi prioritas utama karena angka stunting di Kalurahan Bugel cukup tinggi. Sebelumnya, program-program untuk mendukung penanganan stunting sudah dilakukan salah satunya melalui DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting) dan pemberian PMT balita setiap bulan. Ke depan, penanganan untuk pencegahan dan penanganan stunting akan menjadi perhatian utama tanpa mengesampingkan masalah kesehatan lainnya.(red)

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image