You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bugel
Kalurahan Bugel

Kap. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Studi Banding Pertanian, Poktan Guyup Rukun Prambanan Kunjungi Gisik Pranaji

Kontributor 23 Januari 2022 Dibaca 913 Kali
Studi Banding Pertanian, Poktan Guyup Rukun Prambanan Kunjungi Gisik Pranaji

Gisik Pranaji, salah satu kelompok tani di Kalurahan Bugel yang mengusahakan holtikultura di lahan pasir, Sabtu (22/01/2022) menerima kunjungan studi banding pertanian dari Kelompok Tani Guyup Rukun Bugisan Prambanan Klaten. Rombongan Poktan Guyup Rukun sebanyak 2 bus diterima oleh Poktan Gisik Pranaji di Pendapa Pantai Bugel.

Gisik Pranaji merupakan kelompok tani yang mengusahakan budidaya semangka, melon dan cabai di lahan pasir. Lahan pasir termasuk lahan yang cukup sulit diaplikasikan untuk pertanian, sehingga pada awalnya lahan ini hanya ditanami pada musim hujan. Seiring dengan meningkatnya pengetahuan dan teknologi, inovasi-inovasi dilakukan untuk mengatasi masalah utama bertani di lahan pasir sehingga saat ini pertanian di lahan pasir mampu meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat petani. Gisik Pranaji selain telah menorehkan kesuksesan dalam budidaya melon, juga menjadi percontohan nasional dalam metode tanam setelah keberhasilannya membudidayakan cabai varietas Helix. Selain itu, untuk mendukung petani mendapatkan hasil usaha  dan harga jual yang lebih baik, program Pasar Lelang Cabai diciptakan dan mampu memutus mata rantai pedagang yang panjang.

Sukarman, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Kelompok Tani Gisik Pranaji, menjadi narasumber dalam kunjungan studi banding pertanian Poktan Guyup Rukun. Inti kunjungan, kedua kelompok tani berbagi pengetahuan dan belajar tentang cara bertani semi organik. (sunarto)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image